SELAMAT DATANG .. di blog goendurance Endurance Riding is Sport and Fun ....

Jangan pernah melarikan diri, jangan pernah letih dan jangan pernah putus asa. . . . (Winston Churchill)

"You're alive. Do something. The directive in life, the moral imperative was so uncomplicated. It could be expressed in single words, not complete sentences. It sounded like this: Look. Listen. Choose. Act."
- Barbara Hall -

24 Desember, 2008

Memilih menunggang kuda aman

Jika kita melihat akhir pekan, wisata berkuda di kawasan Tamansari Bandung bisa anda nikmati setiap hari. Meski tak sebanyak akhir pekan di mana sekitar seratus kuda tunggang disewakan, hari-hari biasa hanya berkisar diangka belasan, bisa jadi di bawah sepuluh.

Pengunjung di hari biasa pun memang tak seramai akhir pekan, tapi yang ingin menikmati wisata berkuda ini atau sekedar menyenangkan buah hati selalu ada.

salah seorang pengunjung, selama dua minggu sekali, dia selalu mengajak keluarga untuk berwisata, wisata berkuda Tamansari salah satu pilihannya untuk menyenangkan buah hatinya yang masih berusia sekitar tiga tahun.

"Ya, tidak terlalu sering tapi beberapa kali lah ke sini," ujar pengunjung yang sengaja mengajak keluarganya di luar akhir pekan.

Tak sedikit dari pengunjung yang sengaja membawa handycam untuk merekam salah satu anggota keluarganya yang sedang menunggang kuda.

Dituturkan seorang pemilik kuda tunggang separuh baya, yang sudah menyewakan kuda tunggang sejak usia belasan, pengunjung paling ramai saat akhir pekan. "Banyaknya kalau akhir pekan dari Jakarta terutama luar kota," jelasnya.

Di kawasan ini ada wisata berkuda tunggang, ada juga wisata andong. Para pemilik kuda tunggang banyaknya berasal dari Lembang, sedangkan untuk pemilik andong banyaknya dari Kopo.

Menurutnya, wisata berkuda di Tamansari ini awalnya karena ada Kebun Binatang sebagai tempat rekreasi keluarga. Tetapi lama-lama para pemilik kuda tunggang ini menyewakan di kawasan Tamansari.Untuk penghasilan sehari-harinya tidak bisa memprediksi, karena tergantung dari jumlah pengunjung yang datang. "Biasanya akhir pekan lebih banyak tapi tetap tidak bisa diprediksi karena saingannya banyak," jelasnya. Untuk satu kali putaran, pengunjung dikenakan tarif Rp 10 ribu.

Lain halnya dengan wisata andong, yang tarif jauh lebih mahal yaitu Rp 15 ribu setiap satu kali putaran. Jika putarannya diperbesar mengelilingi Tamansari, tarifnya bisa dua kali lipatnya.

Sepenggal cerita diatas terasa mengasikkan tetapi Pernah kita mendengar ataupun melihat seorang balita terjatuh dari kudanya pada saat sedang menikmati wisata berkuda di suatu taman di bandung, tetapi adakah para penyewa kuda tunggangan terpikir kesana?, contoh diatas kasus kecelakaan yang menimpa salah satu anggota masyarakat yang harus melihat putrinya tewas dalam kecelakaan itu adalah pertimbangan untuk menjadi pelajaran bagi kita semua

Berkuda di sebuah peternakan atau ranch ataupun tempat yang dikhususkan untuk belajar menunggang kuda sepertinya menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan sangat disarankan.
Memang berkuda dikawasan wisata lebih murah dan meriah tetapi keamanan bagi si penunggang sangat diutamakan.

Tidak ada komentar:

buku tamu


ShoutMix chat widget

I'm Online


WirA30 Music Studio

Raih jutaan rupiah dari bisnis 130 ribu