SELAMAT DATANG .. di blog goendurance Endurance Riding is Sport and Fun ....

Jangan pernah melarikan diri, jangan pernah letih dan jangan pernah putus asa. . . . (Winston Churchill)

"You're alive. Do something. The directive in life, the moral imperative was so uncomplicated. It could be expressed in single words, not complete sentences. It sounded like this: Look. Listen. Choose. Act."
- Barbara Hall -

30 Desember, 2008

belajar berkuda

Mengisi hari libur dengan berkuda tentunya sangat menyenangkan bukan saja untuk orang dewasa tetapi bagi anak-anak tidak terkecuali.
Hari itu tepatnya tgl 26 Des 2008, pukul 08.30 saya beserta keluarga berangkat menuju parongpong tepatnya di denkavkud dengan tujuan hanya ingin berkuda karena memang sudah janjian dengan komandan denkavkud tepatnya jam 09.00, sampai di arena latihan kira-kira waktu menunjukan lewat 5 menit dari jam 9, para prajurit sudah menyiapkan kudanya untuk ditunggangi... kurang lebih 30 ekor kuda...wah banyak, memang ternyata hari itu pesanannya cukup banyak yang akan berkuda termasuk rekan2 dari jakarta yang sempat mampir liburan di bandung
Acara menunggang dimulai yang memang hari itu didominasi oleh anak-anak, dipandu oleh salah seorang prajurit denkavkud sebagai voriders mulai bergerak dengan langkah perlahan walk setelah cukup menguasai dilanjutkan dengan langkah derap atau trot, bagi yang baru pertama naik kuda akan merasa takut tentunya .. takut jatuh? lumayan cukup tinggi kalau jatuh dari punggung kuda (tinggi kuda rata-rata 150 cm 3 X lipat tinggi sepeda motor)ataupun ada juga yang merasa canggung misalnya perutnya pingin mual karena terasa seperti dikocok-kocok tapi lama kelaman akan terbiasa dan keluhan semua itu dengan sendirinya akan hilang.

Selama belajar menunggang, ada saja kejadian yang kalau dilihat sangat lucu tetapi bagi penunggang itu sangat menakutkan ... kita mungkin takjub melihat anak yang berumur 9 tahun sudah mahir melompat rintangan yang tingginya 50 cm, dsb ... satu saat seorang anak sebut saja namanya nino, umur 6 tahun, karena sudah yakin dengan kemampuannya meskipun untuk bergerak dengan gerakan gallop atau canter belum bisa tapi mencoba untuk keluar paddock menuju lapangan luas, 5 menit aman, 10...20 menit lancar-lacar saja, tetapi pada suatu ketika kuda yang ditunggangi berhenti untuk makan rumput, karena saking kesalnya kudanya dicambuk .. apa boleh buat kudanya kaget dan lari kabur sesukanya kuda, kabur menuju kandangnya... sudah tahu kalau kuda kabur? kalau tidak tenang tidak dapat menguasai kuda mungkin kita akan jatuh kalau sudah jatuh kemungkinan terburuk bisa dialami atau cedera yang parah, bagi nino ini pengalaman yang buruk meskipun si nino bisa bertahan tetap diatas punggung kuda, bagi yang melihat mungkin memberikan salut/hebat....
Ternyata modal awal menunggang kuda tentunya keberanian tetapi faktor yang satu ini yaitu KESEIMBANGAN adalah modal dasar, dengan mempertahankan keseimbangan seorang penunggang akan terhindar dari jatuh. Sebelumnya kepada penunggang pemula harus dibekali tehnik keseimbangan, kapan kuda membelok dengan posisi badan yang seimbang, kapan posisi badan ketika kuda menurun, mendaki, dsb?
Nino mungkin posisi badannya benar karena memang si nino sudah dapat mengendarai sepeda roda dua pada umur 4 tahun, keseimbangannya baik.
Bagaimana dengan Anda yang ingin belajar menunggang kuda? Ada tiga kata yang dapat menjamin anda mahir berkuda 1. Kemauan, 2. Keberanian, 3. Keseimbangan.

Tidak ada komentar:

buku tamu


ShoutMix chat widget

I'm Online


WirA30 Music Studio

Raih jutaan rupiah dari bisnis 130 ribu